SALING MENGUATKAN DALAM KRISTUS

SALING MENGUATKAN DALAM KRISTUS

RENUNGAN HARIAN TORAYA (REHAT)

Kamis, 8 Agustus 2024 

SALING MENGUATKAN DALAM KRISTUS
(Sipamatoto’ lan Kristus)

Roma 15:1-6

Paulus menungkapkan 2 hal, yaitu kelompok yang kuat & lemah. Kelompok yang kuat berarti telah merdeka dalam Kristus & tidak berpegang pada cara hidup lama. Mereka mempunyai komitmen yang teguh. Sebaliknya, kelompok lemah adalah sekumpulan orang percaya yang masih memertahankan ritual lama. Mereka memandang iman melalui pengalaman mereka masa lalu. Paulus menyampaikan ini untuk mengingatkan kepada mereka bahwa mereka satu di dalam Tubuh Kristus. Untuk itu, mereka yang kuat tidak boleh mementingkan diri sendiri dan tidak menggerutu apabila ada yang lemah karena hal itu menunjukkan ketidakdewasaan. Namun, mereka yang kuat harus peduli dengan yang lemah.

Kristus telah berkarya menyelamatkan kita dan dengan kuasa Roh Kudus kita merespons keselamatan itu. Namun, itu belum cukup. Karena, kita harus merespons dengan rasa syukur. Kita yang sudah hidup dalam Kristus menyatukan kita dalam tubuh-Nya. Dalam satu tubuh tidak ada kepentingan diri sendiri, melainkan hidup saling memedulikan satu sama lain. Hidup dalam Kristus bukan untuk mencari kesenangan sendiri. Artinya, kalau kita tahu bahwa ada saudara kita yang bergumul, kita harus peduli dan bekerjasama satu dengan lain untuk menguatkannya. Dalam mengerjakan hal ini, Allah mengaruniakan ketekunan dan penghiburan, agar kita mampu mengerjakannya.

Firman mengajar kita untuk memeriksa hidup. Jika kita yang menganggap diri lebih kuat dari orang lain, maka wajiblah kita menanggung kelemahan saudara-saudara kita. Kita yang telah diselamatkan oleh Kristus sesungguhnya adalah orang-orang yang telah dikuatkan untuk menolong saudara-saudara kita yang lemah, khususnya yang imannya masih dilemahkan oleh perkara-perkara yang sia-sia. Amin.

Image

Gereja Toraja Jemaat Samarinda
Klasis Kalimantan Timur & Tengah
Wilayah V Kalimantan.

Alamat :

Jl. DI Panjaitan No.27 Samarinda
Kalimantan Timur, Indonesia0

Kontak Pelayanan :

(+62) 541 734508

Email :

tatausaha@gtjemaatsamarinda.org

Website :

https://gtjemaatsamarinda.org

Pendeta Jemaat :

Pdt.Joice Limbong (082158239828)
Pdt.Alexzander Bilang (081342517205)

Komisi PLM :

Pnt. Hermin Mongan (081347732609)

Staf Administrasi :

Dkn. Zet Borong (081346315152)

Staf Keuangan :

Sdr. Obednego (085250906856)

© 2024 Tim Pengelola Website Jemaat Samarinda